Jagalah Allah, Allah menjagamu

Saya baru saja mendapatkan materi tentang hadits arba’in yang ke-19 ini.

Dari Abu Al-Abbas Abdullah bin Abbas ra. Berkata: Suatu hari aku berada di belakang Nabi saw. Lalu beliau bersabda, “Nak, aku ajarkan kepadamu beberapa patah kata: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya Dia akan selalu bersamamu. Bila engkau meminta sesuatu, mintalah kepada Allah, dan bila engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah, jika semua umat manusia bersatu padu untuk memberikan suatu kebaikan kepadamu, niscaya mereka tidak dapat melakukannya kecuali dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah bagimu, dan jika semua umat manusia bersatu padu untuk mencelakakanmu, niscaya mereka tidak dapat mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah bagimu. Pena telah diangkat dan catatan-catatan telah mengering. (HR Tirmidzi. Dia berkata, “Hadits ini hasan shahih.”)

Dalam riwayat lain dari Tirmidzi dengan redaksi: “Jagalah Allah, niscaya engkau akan senantiasa mendapatiNya di hadapanmu. Kenalilah Allah di waktu lapang niscaya Dia akan mengenalimu di saat kesulitan, ketahuilah bahwa apa yang luput darimu tidak akan menimpamu, dan apa yang menimpamu tidak akan luput darimu. Ketahuilah bahwa kemenangan itu selalu mengiringi kesabaran, jalan keluar selalu mengiringi cobaan dan kemudahan itu selalu mengiringi kesusahan.”

Hadits ini membuat saya selalu berpikir positif, berani, dan percaya diri sebab yakin selalu ada Allah di dekat saya yang melihat, menjaga, dan menuliskan takdir-takdir terbaiknya untuk saya.

Hadits ini juga mengajarkan saya untuk senantiasa menggantungkan harapan dan pertolongan hanya pada Allah. Tidak ada selain Dia.

Semoga…semoga…saya berharap saya bisa menerapkan pesan-pesan Rasulullah saw. tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin…bagaimana dengan Anda? I hope so..

4 Tanggapan to “Jagalah Allah, Allah menjagamu”

  1. nursatwika Says:

    Terimakasih tiada terkira untuk tetehku tersayang atas materi hari ini…sungguh sangat bermanfaat bagi saya…:)

    I love u ‘coz Allah, teteh…

  2. dian Says:

    halah,,, di komen sendiri… :p
    sok mangga reni… be positive!🙂

  3. Saefulloh Says:

    Bagus artikelnya

    Makasih

  4. nursatwika Says:

    @ Saefulloh: terimakasih…^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: